Pages

Thursday, April 8, 2021

Sering Dilupakan! 5 Hal Penting dalam Menyambut Ramadhan


Bismillah,
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh.

Gimana kabar pembaca semua? Sudah persiapan apa nih untuk bulan ramadhan yang tinggal menghitung hari, selain mengisi toples untuk suguhan atau frozen food untuk makan sahur?

Berikut ini ada 5 hal penting (poin-poin dinukil dari kajian bedah buku Panduan Lengkap Puasa Ramadhan menurut Al-Qur'an dan Sunnah oleh ustadz Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar as Sidawi hafidzahullah) yang seriiiing banget jadi blind spot kita. Padahal kalau kita lalaikan, bisa 'bahaya' untuk rangkaian aktivitas ibadah kita selama bulan ramadhan. Apa aja ya?

Saturday, April 3, 2021

Anda lupa, tapi Rabb Anda Tidak Pernah Lupa


Bismillah,
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh.

Ada yang bisa menghitung jumlah buih? Banyak. Rasanya nggak ada nilai bilangan yang bisa dengan akurat menghitungnya.

Begitu juga dengan dosa. Teringat beberapa hari lalu,

Wednesday, March 31, 2021

Serba Bisa! Dari Editing sampai Styling dengan ASUS Zenbook Flip S (UX371), Laptopnya Para Insan Kreatif

reality. hahahaha!

ekspektasi


Kilas balik ke suatu hari ketika aku sedang rapat bersama rekan setim di kantor, membahas jadwal posting media sosial beberapa account yang dihandle oleh branding agency kami untuk satu bulan ke depan.

Saat sedang semangat-semangatnya, laptop yang berisi schedule tersebut, dipindah mendekat pada ibu bos, dan PRAKKK! Tergelincirlah laptop itu, membuat layar laptop itu memutar ke arah sebaliknya, seperti sebuah majalah yang dilipat. Aku langsung ternganga, sembari berpikir, "aduh mampus, tuh data ada backup-nya nggak, ya?". Namun ternyata, cici team manager kami dengan santai mengambil kembali laptop itu, membalik layar dan menunjukkan jadwal unggahan media sosial kami pada bu bos. Kulirik teman yang ada di seberangku, ternyata ekspresinya tidak jauh berbeda denganku. Wow, dunia sudah secanggih ini!


Sunday, March 28, 2021

Flexing is not Our Style!




Kebaikan seorang hamba

Al Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyyah rahimahullah bertutur :

إن الله إذا أراد بعبد خيرا، سلب رؤية أعماله الحسنة من قلبه والإخبار بها من لسانه، وشغله برؤية ذنبه.
"Sesungguhnya apabila Allah menghendaki kebaikan bagi seorang hamba, Dia akan melenyapkan dari hatinya pandangan (kekaguman) terhadap amal-amalnya yang baik, dan akan menghalanginya untuk menceritakan amal-amal tersebut kepada orang lain dengan lisannya, serta akan menjadikan dirinya sibuk memikirkan dosanya."

Thariqul Hijratain 1/172 - Imam Ibnul Qayyim rahimahullah.

Abu Asma Andre

*************************

Saturday, March 20, 2021

4 Cara Mudah Jadi Cantik



"Kamu indah dan cantik, mawar. Warnamu cerah. Tangkaimu pun berduri, seakan-akan kamu tak bisa disentuh sembarang orang." Baby's breath berkata pada mawar yang berdiri di sampingnya. Mawar mendengus.

"Kamu lebih cantik," sanggah mawar, "mungil, putih, dan anggun. Semua orang mudah terpikat padamu."

Kenanga yang melihat dan mendengar di kejauhan hanya terdiam, dalam hati ia membatin, "setidaknya kalian dipetik untuk menjadi hiasan yang dikagumi. Sementara aku dipetik untuk dibuang kembali di atas gundukan tanah yang dingin dan sepi."

Sedih kali, ya, ratapan bunga-bunga ini. Kira-kira nggak jauh beda lah sama kita yang berinteraksi dengan teman-teman kita. Kita dengan mudah melihat kelebihan mereka dan memandang remeh kelebihan diri kita sendiri.

Terus gimana mengatasi problematika *ceilah* tentang kecantikan dan keindahan ini? Berikut ini adalah 4 cara mudah menjadi cantik.

Monday, March 15, 2021

Memperbaiki Diri


Bismillah,
Assalamu'alaikum!

Seperti yang aku tulis di sini, banyak sekali hal yang menjadi bahan pelajaran dan pertimbanganku. Setelah mempelajari tentang blog ini, aku juga mau tidak mau jadi menyadari tentang diri sendiri.
 
Beberapa waktu lalu di kajian Riyadhusshalihiin , ustadz hafizhahullah menyebutkan kalimat yang disampaikan oleh Imam malik rahimahullah di atas: aku belajar untuk diriku sendiri